Informasi adalah segalanya tapi Internet itu bukan tuhan Karena itu jadilah orang yang selektif

Informasi adalah segalanya tetapi internet bukanlah tuhan, kritis dan selektif

Informasi adalah segalanya – Perkembangan ilmu pengetahuan begitu cepat bahkan dapat diibaratkan “lebih cepat dari langkah kaki kita sehari-hari”. Bukan mengapa hal ini bisa terjadi tapi bagaimana kita juga turut ambil bagian didalamnya. Beberapa orang kreatif yang bekera sama lebih baik daripada hanya satu orang cerdas sekelas thomas alfa edison. Kerja sama tim dari berbagai bidang ilmu adalah kunci kesuksesan pengembangan IPTEK hingga menghasilkan suatu teknologi yang mampu membawa perubahan.

Awal dari segala pengetahuan adalah informasi. Mustahil pengetahuan kita bertambah dan hidup ini berubah tanpa informasi yang akurat. Manusia memperoleh informasi melalui lima panca indra. Berikut urutan informasi bedasarkan luasnya jangkauan data yang diserap lewat panca indra manusia.

  1. Informasi yang diperoleh lewat penglihatan
  2. Yang diperoleh lewat pendengaran
  3. Diperoleh lewat penciuman
  4. Lewat sentuhan/ rabaan
  5. Dan pengecapan
  6. Informasi yang disimpan, diolah dan dianalisis oleh otak (hasil berpikir)

Mata adalah indra yang paling banyak menyerap informasi. Oleh karena itu jaga selalu kesehatannya karena itulah yang menghubungkan anda dengan dunia dan segala ilmu pengetahuan didalamnya. Tentu saja semakin banyak data yang diserab oleh otak maka akan semakin luas pula wawasan kita. Namun sebelum semuanya itu, alangkah baiknya jika kita lebih memperhatikan kualitas informasi yang kita peroleh.

Jaman sekarang, informasi yang salah banyak tersebar dimana-mana. Apalagi yang namanya pengetahuan manusia terus berkembang otomatis ilmu yang menjadi mitos dari jaman dahulu (saking lamanya ngetam di tengah-tengah masyarakat hingga terbawa-bawa dan menjadi kebiasaan) harus segera diperbaharui (update) agar mitos tersebut tidak merusak tatanan kehidupan bermasyarakat sehingga tidak mengganggu perkembangan secara ekonomi, soaial dan budaya.

Alangkah baiknya sebelum kita menyimak suatu informasi terlebih dahulu harus menyeleksi setiap sumber informasi tersebut. Semakin terpercaya sumbernya maka semakin akurat pula informasi yang diperoleh. Berikut beberapa sumber informasi yang dapat kita temukan sehari-hari dari akurat yamg baik hingga yang paling diragukan ketepatannya.

  1. Melihat, mendengar bahkan mengalami langsung fakta dilapangan
  2. Buku yang berlabel ISSBN
  3. Media cetak
  4. Majalah
  5. Radio
  6. Televisi
  7. Baliho/ papan iklan/ reklame/ brosur
  8. Internet

Biar bagaimanapun akurasi peristiwa yang dilihat langsung (menjadi saksi mata) lebih bagus daripada sekedar didengar dari tetangga sebelah. Harus dipertimbangkan juga bahwa kualitas dalam hal ini berhubungan erat dengan jangka waktu menyaksikan peristiwa, apakah seluruhnya (dari awal sampai akhir), separuh saja atau malah sebagian kecil. Akurasi informasi yang kita perolah menjadi tidak bagus apabila kita tidak menyaksikannya dari awal hingga akhir. Justru lebih baik menunggu media cetak yang diakui kredibilitasnya untuk menyampaikan editorialnya esok hari.

Buku adalah jendela dunia dimana dengan membaca kita lebih bisa mengendalikan diri. Alangkah baiknya jika kita membaca tidak tanggung-tanggung. Apa yang sudah dimulai harus juga diakhiri sampai tuntas agar kita benar-benar bisa mengerti/ memaknai ilmu pengetahuan dan wawasan yang disampaikan oleh penulis.

Internet adalah media 50:50 dimana banyak tulisan yang berkualitas namun lebih banyak lagi konten yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kedewasaan. Masuk dunia internet seperti memasuki dunia barat yang sangat liberal dimana kaum kapitalis dan intelektual berkuasa penuh sekaligus sebagai pengendali laju pergerakan dunia maya.

Kebebasan yang tidak terkontrol beresiko merusak kehidupan kita yang notabene pemain baru di alam maya. Pengalaman yang minim ditambah dengan hawa nafsu yang kurang terkendali adalah sasaran empuk kaum marketing gila yang menawarkan sesuatu yang indah didengar dan dilihat padahal berkedok penipuan.

Alangkah baiknya jika kita tidak menganggap semua informasi yang diterima dari sana adalah benar adanya. Mindset seperti ini sering membuat kita terjebak dalam kekhilafan yang menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain. Bias informasi harus diantisipasi dan diminimalisir agar kita benar-benar meraih manfaat yang luar biasa.

Analisis sementara terhadap konten di internet

Mesin pencari google sudah sangat berkembang pesat dan tidak lagi memihak pada teknik-teknik SEO yang jadul dan lebih cenderung memperhatikan kebutuhan kita sebagai user. Kecanggihan dan kesempurnaan google serach engine tidak diragukan lagi karena telah terbukti dapat memberikan informasi sesuai dengan permintaan kita. Sekalipun demikian google dan mesin pencari lainnya bukan tuhan yang selalu benar. Berikut analisis saya terhadap konten-konten didunia maya :

  1. Setiap detik yang anda lalui dan klik yang dilakukan didunia maya dijadikan uang (dimoneytize) oleh perusahaan sekelas google dan yang lainnya.
  2. 100% orang didunia maya berjualan/ mencari duit, paling net-netnya mengejar popularitas, termasuk saya sendiri dengan memoneytise setiap tulisan di blog ini.
  3. 100% Popularitas didunia maya diraih dengan membayar (mulai dari akun, page, situs dan yang lainnya).
  4. 99 % Konten didunia maya tidak berlisensi copyright artinya belum mendapat ijin dari pemilik asli konten/ penulis alias ilegal.
  5. 98% konten didunia maya tidak kita butuhkan melainkan hanya tertarik saja dengan judulnya padahal isinya tidak bermanfaat bagi kita.
  6. 95% Keuntungan yang ditawarkan oleh internet marketing terkesan berlebih (gak segitunya kali) dimana ada satu trend yang include didalamnya yakni “anda butuh uang untuk memancing uang”.
  7. 85% Konten didunia maya adalah konten jadul yang berisi ilmu-ilmu yang sudah usang/ tua dan beresiko menimbulkan bias informasi (ilmu jaman baheula yang sudah ketinggalan jaman).
  8. 79% Konten didunia maya seperti “gula-gula”. “Manis dimulut tapi buat sakit diperut dan buruk untuk kesehatan. Konten gula begitu bombastis dan enak dilihat namun sayang isinya syarat kepalsuan dan tipu-tipu yang menguntungkan pengusaha tertentu.
  9. 75% Konten dunia maya adalah hasil kopas (paling tidak terjemahan atau sedikitnya 50% keatas mirip).

Lebih baik berhati-hati dan selalu selektif dalam mengambil dan menyerap infomasi dari internet karena tidak ada jaminan atau asuransi disana. Ingatlah didunia ini tidak selalu serba cepat, kecualai anda menggunakan uang untuk mempercepatnya.

Cara cerdas mencari konten berkualitas di google search engine

Coba bayangkan betapa rumitnya anda mencari 2% konten yang berkualitas yang dibutuhkan? Bukankah itu sesulit mencari jarum dalam jerami? Oleh sebab itu alangkah baiknya jika anda berpedoman pada panduan berikut ini.

1. Menjadi member premium di berbagai situs terpercaya

Jika ingin informasi terbaik jadilah member “premium”. Uang sangat menentukan kualitas informasi yang anda dapatkan. Kunjungis situs-situs ebook ternama untuk memperoleh informasi terbaik.

Otomatis point pertama itu sulit Apalagi jika kita terbatas dalam hal dana. Untuk memperoleh informasi terbaik silahkan disimak terus teman.

2. Membandingkan setiap konten yang ditemukan

Bandingkan setiap informasi yang anda peroleh dari satu situs dengan situs lainnya dengan melakukan pencarian kata kunci di google sampai kedalaman 3, 4, 5 bahkan lebih lagi hingga anda menemukan konten yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Mencari konten yang berlawanan/ berseberangan

Bandingkan setiap tulisan yang anda temukan teman. Jika mencari manfaat maka ketahui jugalah apa kerugiannya, jika itu tentang akibat/ dampak buruk maka cari tahu juga apa dampak positifnya. Ini adalah perbandingan tulisan yang berseberangan yang turut menjadi referensi bagi anda untuk menemukan artikel yang benar-benar berkualitas.

4. Perhatikan dengan seksama gaya penulisan dan hubungan antar kalimat

Perhatikan konten yang anda temukan, jika strukturnya kacau balau dan sulit dimengerti berarti halaman itu merupakan terjemahan langsung dari bahasa asing. Situs seperti ini tergolong asal-asalan dan kurang bagus kualitasnya.

5. Teknik pencarian dengan kata kunci yang singkat dan padat

Usahakan saat mencari sesuatu di google jangan memasukkan kalimat yang panjang akan tetapi cobalah untuk memasukkan kata kunci saja. Misalnya anda mencari ‘caRa melakukan senam kegel setiap hari” dapat anda ubah dengan mencari kata kuncinya saja yaitu “senam kegel”.

6. Lakukan variasi kata kunci

Jangan hanya berpatokan pada satu kata kunci saja. Cobalah lakukan variasi agar google menampilkan hasil yang lebih variatif sehingga bisa dijadikan pembanding untuk menentukan yang terbaik.

7. Tambahkan “quote”

 

cara cerdas mencari informasi di internet

[“keyword”] Tambahkan tanda kutip untuk menemukan frase yang anda cari dengan akurasi 100% jika ada, jika frase tersebut ternyata tidak ada maka google akan memberikan pilihan lain.

8. Langsung menuju situs terpercaya

[keyword site:kaskus.co.id] Mulailah dengan mencari informasi di situs-situs terkenal misalnya detik, kaskus, kompas, liputan6 dan situs lainnya yang bergenre media nasional. Berikut ini genre situs terpercaya

  1. Media nasional
  2. Digital library dan halaman situs Universitas di indonesia (ac.id)
  3. Situs pemerintah (go.id)

 

cara cerdas mencari informasi di internet langsung menuju situsnya

Misalnya saja dengan memasukkan kata kunci di google [kata yang dicari site:detik.com] artinya google akan mencari semua tulisan yang berhubungan dengan “kata yang anda cari” di salah satu satu media nasional detik.com

Misalnya anda mencari konten tentang penghijauan [penghijauan site:ac.id], maka google akan menampilkan topik tentang penghijauan dari berbagai situs universitas ternama.

Contohnya anda mencari konten tentang peristiwa bom jakarta [peristiwa bom jakarta site:go.id], maka anda akan dibawa oleh google ke peristiwa bom jakarta disitusnya pemerintah.

9. Langsung menembak format file yang diinginkan

[keyword filetype:xxx] Biasanya konten berkualitas sekelas jurnal dan laporan di upload ke internet dalam format tertentu. Lakukan pencarian di google menampilkan ekstensi file yang dicari dengan cara mengetikkan, “kata yang dicari filetype:pdf” (tanpa tanda kutip). Dalam hal ini kata yang dicari akan menampilkan konten dengan ekstensi PDF. Berikut beberapa ekstensi file yang sangat terkenal dan banyak kita temukan didunia maya.

Cerdas mencari informasi di google dengan menembak langsung file format yang digunakan

  1. pdf untuk tulisan dalam format PDF (biasanya jurnal dan penelitian)
  2. doc/ docx untuk tulisan dalam format MICROSOFT WORD 2003/ 2007
  3. ppt/ pptx untuk tulisan dalam format POWER POINT 2003/ 2007 (biasanya file presentasi sebuah topik)
  4. rar/ zip untuk konten dalam format yang dikompres dalam RAR/ ZIP ARCHIVE
  5. mkv – mp4 untuk format konten dalam format vidio populer MATROSKA VIDEO FILE
  6. srt untuk format file subtitle film
  7. dan masih banyak lagi.

Misalnya anda mencari film perahu kertas [perahu kertas filetype:mkv]
Misalnya anda mencari subtitle iron men 3 [iron man 3 filetype:srt]

10. Alternatif yang lain

Sebagian situs dengan domain TLD (berbayar, com, net, info dll) tidak tulus dalam memberikan konten. Metode pencarian ini lebih ditekankan untuk konten yang bergenre tutorial dimana kebanyakan dalam hasil pencarian bermotif jualan. Prinsipnya adalah mereka bayar! masakan dikasih gratis? [k’k’k’ CMIW]. Oleh karena itu lakukan pencarian di situs dengan domain yang gratis [yang gratis pasti tulus] misalnya pada domain blogspot.com atau wordpres.com dengan menambahkan kata site dimesin pencari. misalnya dengan mengetikkan ke google search engine :

Cara bermain gitar site:blogspot.com
Cara bermain piano site wordpress.com

Ingatlah teman, dengan semua teknik pencarian ini anda bisa menemukan konten yang berkualitas namun bisa juga menemukan sesuatu yang akan merusak mental dan moral anda. Semua tergantung dari pikiran anda. Jadilah seorang manusia yang mampu mengendalikan hawa nafsunya untuk kehidupan yang lebih baik.

Di internet itu semuanya ada namun tidak semua benar. Apapun informasinya Jangan mudah percaya dan jadilah orang yang selektif yang selalu cerdas. Bahkan Sekalipun anda menemukannya di situs terkenal dan berbayar (member premium) tidak menjamin kebenarannya karena internet itu bukan tuhan!. Kebenaran absolut hanya milik Tuhan saja dan kitab suci-NYA. Simak juga, Cara memastikan kebenaran sebuah informasi

Salam indonesia yang lebih baik!

Iklan

5 comments

  1. […] Informasi adalah segalanya tapi Internet itu bukan tuhan Karena itu jadilah orang yang selektif […]

    Suka

  2. Tulisan yang bagus. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai teknologi informasi. Saya memiliki beberapa penjelasan sederhana mengenai teknologi informasi yang dapat dilihat di ps-tsi.gunadarma.ac.id

    Suka

  3. […] Internet adalah salah satu sumber informasi yang paling praktis dan paling mudah digunakan. Tidak hanya itu saja, fiturnya yang responsif (tanya-jawab) berupa diskusi yang amat menarik bagi kebanyakan orang yang mungkin di dunia nyata tidak banyak bicara.  Mencari informasi disini baik adanya namun jangan lupa juga bahwa masih ada sumber informasi yang lebh penting dna lebih luas juga lebih baik yaitu Kitab Suci. Selain itu masih banyak juga sumber bacaan yang berkualitas lainnya seperti buku dan surat kabar. Di dunia maya tidak ada jaminan apapun, pengetahuan dan kecerdasa1n andalah yang mampu menyeleksi setiap konten yang anda baca dimari. Mungkin anda belum tau, Cara menemukan artikel berkualitas dengan bantuan google […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s