10 Bahaya Menggunakan Kosmetik Terus Menerus – Mempercepat Penuaan Dini akibat penggunaan make up

Dampak negatif menggunakan kosmetik terlalu sering

Kosmetik – Kosmetika adalah salah satu hasil jadi Industri yang bergerak di bidang kecantikan. Animo masyarakat terhadap produk yang satu ini sangat tinggi terutama kaum hawa. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh pengusaha yang kemudian berlomba-lomba menghasilkan bermacam-macam produk kosmetik.

Tidak ada kosmetik yang benar-benar murni bebas dari bahan kimia berbahaya

Belakangan ternyata telah terjaring banyak produk make up yang mengandung bahan kimia berbahaya, baik yang dihasilkan oleh perusahaan yang belum tercatat di Kementrian Kesehatan maupun yang dihasilkan oleh perusahaan ternama.

Untuk diketahui bersama, dalam metode analisa kandungan bahan kimia, terdapat yang namanya batas toleransi atas dan batas toleransi bawah. Batas toleransi atas adalah kadar tertinggi yang masih dapat dideteksi sedangkan batas toleransi bawah adalah kadar terendah yang masih dapat dideteksi lewat uji laboratorium. Artinya, SEMUA METODE UJI bahan kimia dilaboratorium tidak menjamin bahwa produk tersebut MURNI BEBAS DARI BAHAN KIMIA BERBAHAYA. Terdaat kemungkinan produk dimaksud masih mengandung bahan kimia berbahaya namun masih lebih rendah dari batas toleransi bawah sehingga tidak dapat dideteksi lewat analisa biasa. Untuk memastikan kemurniaannya secara pasti perlu dilakukan analisa tingkat molekul dilaboratorium kimia terpercaya.

Strategi rapi promosi kosmetik agar diterima dengan baik oleh rakyat Indonesia

Terdapat dorongan sosial yang kuat untuk menggunakan kosmetik, ditambah lagi jumlah penduduk Indonesia yang sekian banyaknya membuat negeri ini menjadi sasaran empuk bagi Industri kosmetik. Berikut akan kita bahas bagaimana kuatnya dorongan sosial untuk menggunakan produk ini.

  1. 100% didukung oleh media terutama media televisi.
  2. Bintang Iklan ditampilkan oleh artis-artis kenamaan yang rupawan.
  3. Mengekspoitasi keindahan kaum hawa secara terstruktur dan terus menerus (Trend dan mode) yang secara tidak langsung mempengaruhi pola pikir mereka yang ingin terus terlihat cantik dan enggan menerima dan hendak menyembunyikan tanda-tanda penuaan dini seiring bertambahnya usia.

Pengertian kosmetik dan jenis-jenisnya (id.Wikipedia.org)

Kosmetik adalah zat perawatan yang digunakan untuk meningkatkan penampilan atau aroma tubuh manusia. Kosmetik umumnya merupakan campuran dari beragam senyawa kimia, beberapa terbuat dari sumber-sumber alami dan kebanyakan dari bahan sintetis.[1] Perihal atau tata cara menggunakan kosmetik disebut dengan tata rias atau make up.

Kebanyakan perusahaan kosmetik memisahkan kosmetik menjadi dua jenis, yakni kosmetik rias dengan kosmetik perawatan. Perbedaannya adalah:[2]

  1. Kosmetik rias umumnya digunakan sebagai riasan untuk area muka atau wajah, misalnya bedak, lipstik, pensil alis, perona pipi, perona mata, celak, dan maskara. Lebih luasnya, kosmetik rias juga termasuk produk untuk merias kuku dan rambut seperti kuteks dan cat rambut.
  2. Kosmetik perawatan meliputi produk yang digunakan untuk merawat tubuh, termasuk krim kulit, losion tangan dan tubuh (hand body lotion), deodoran, parfum, sabun, masker muka, dan sebagainya.

Proses Kerusakan kulit akibat efek samping make over

Pada umumnya penuaan dini terjadi karena kulit mengalami gangguan respirasi dimana sirkulasi uap air dan keringat di pori-pori terhambat, suplai dari pembuluh darah yang kurang lancar, hingga rusaknya kelenjar minyak pada folikel rambut. Kesemua gejala ini pada akhirnya membuat kulit kehilangan kekencangannya, hingga akhirnya jaringan kulit mati dan kaku lalu keriputpun mulai kelihatan. Berikut ini dampak buruk menggunakan kosmetik bagi kesehatan kulit.

  1. Kulit senantiasa berespirasi. Pertukaran uap air dalam pori-pori dibutuhkan untuk senantiasa melembabkannya. Olah karena itu bebaskan kulitmu dari kosmetik setiap saat.
  2. Bahan kosmetik adalah kimia seluruhnya. Kebiasaan semua bahan seperti ini adalah sifatnya yang selalu meninggalkan residu. Kondisi ini diperparah jika bahan tersebut dapat penetrasi dan masuk kedalam pori-pori kulit bahkan mengendap dibawah folikel rambut.
  3. Endapan bahan kimia dibawah kulit semakin hari semakin bertambah saja seiring dengan pemakaian kosmetik yang terus menerus.
  4. Endapan ini jelas merusak jaringan dibawah kulit termasuk kelenjar minyak dan jaringan lemak dimana jumlahnya yang terus menerus berkurang.
  5. Kondisi ini semakin diperparah dengan penggunaan cleanser/ pencuci/ pembersih wajah yang rata-rata mengandung alkohol (atau sejenisnya) dalam jumlah kecil. Keadaan ini semakin buruk dengan penggunaan hingga beberapa kali sehari. Berangsur-angsur lemak dibawah kulit sedikit demi sedikit akan larut sehingga jumlahnya terus berkurang dari tahun ke tahun.
  6. Gejala awal mula penuaan dini adalah hilangnya merah merona pada kulit. Pembuluh kapilerlah yang membuat wajah anda merona. Paparan make up yang continue akan merusak kapiler darah disekitar kulit. “Ketika kimia dan alami bertemu maka akan terjadi pertarungan besar dimana yang kalah akan tersisih dan rusak”. Demikian halnya dengan pembuluh kapiler yang menjadi rusak apalagi jika diperparah dengan pola hidup yang tidak sehat dan pola diet yang terlalu ketat. Nutrisi yang tidak mencukupi akan mempercepat penyusutan, pengeringan dan kematian pembuluh kapiler di kulit.
  7. Jika wajah anda masih bisa merah merona, itu artnya kulit disekitar wajah masih sehat alami : Anda bukanlah tipe penggila kosmetik. Congrat!
  8. Hati-hati dengan kebiasaan mencabut bulu-bulu dikulit. Rambut dikulit besar manfaatnya bagi kesehatan termasuk juga dalam hal menjaga laju penuaan dini. Yakinlah bahwa kebiasaan ini akan membuat kelenjar minyak dibawah folikel rambut akan rusak total. Kerusakan kelenjar minyak ini akan membuat kulit anda lebih cepat tua (mengalami penuaan dini).
  9. Hati-hati dengan pemerah bibir/ lipstik. Pemerah bibir sebagai kosmetik yang lebih sering digunakan oleh wanita terbukti telah menyebkan munculnya keriput lebih awal disekitar mulut. Bahan kimia pada lipstik yang beranekaragam warnanya itu bisa saja berasal dari pewarna tekstil yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Jikapun tidak demikian, bibir sebagai daerah yang paling sensitif dan tipis kulit pelindungnya lebih rapuh dibandingkan bagian tubuh yang lain. Oleh karenanya mudah rusak apabila terpapar terus menerus oleh zat asing termasuk lipstik.
  10. Ketika seorang wanita berumur 30 tahun keatas, saat itulah mereka mengalami tanda-tanda penuaan dini dimana kelenjar peluh (sebaceous glands atau kelenjar minyak) sudah mulai berkurang jumlahnya pada folikel rambut ditambah lagi jaringan lemak dibawah kulit yang berangsur-angsur mengalami pengikisan (reduksi). Kesemua hal ini terjadi akibat penggunaan kosmetik yang berkepanjangan (sejak masa remaja) dimana bahan kimia melarutkan, mengendap dan menumpuk hingga menimbulkan kerusakan pada jaringan disekitarnya.

Jangan terlalu khawatir, kulit mampu beradaptasi dengan lingkungan ekstrim

Untuk dipahami bahwa kulit manusia telah bertahan dalam evolusi ribuaan bahkan jutaan tahun hingga sampai pada bentuknya seperti sakarang ini. Panas dingin telah dilewati, basah kering telah dialami dan kesemuanya itu tidak membuatnya rusak melainkan bentuknya tetap eksis sampai sekarang.

Manusia mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitar demikian juga dengan kulit ini. YANG DIBUTUHKAN OLEH KULIT hanyalah DUKUNGAN NUTRISI DARI DALAM agar kulit dapat kekuatan untuk bertahan dari perubahan suhu dan kelembaban udara dari luar. Selengkapnya lihat, Rahasia tetap awet muda : diantaranya selalu biasakan untuk minum 2 liter air putih (8-10 Gelas @200 cc) perhari, ikutkan rempah-rempah sebagai herbal ajaib dalam setiap masakan dirumah (tambahkan yang banyak) dan ingatlah agar lebih gemar mengkonsumsi yang asam-asam salah satunya adalah jeruk nipis dan lain sebagainya. Dengan begini untuk kedepannya kita berharap agar tidak adalagi perempuan yang lebih cepat tua dari laki-laki (apa itu? klik).

Jangan terlalu berlebihan, biarkan kulitmu berkembang dan dukung kesehatan kulit dengan pola hidup sehat.

STOP! BERHENTI MENGGUNAKAN KOSMETIK

Cantik sikap dibawa mati
Bahaya Make up 100% Mempercepat Penuaan Dini – Mari back to nature

Iklan

3 comments

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s