9 Cara menghadapi pribadi pengganggu nan iseng – Manfaat Orang yang Suka Mengganggu – Jangan ilfil, Biarkan Saja

Cara menghadapi pribadi pengganggu yang iseng, biarkan saja teman tidak perlu ilfil

Pribadi pengganggu – Hidup kita jangan hanya fokus pada diri sendiri. Alangkah baiknya jika kita juga mulai mengertikan kebutuhan orang-orang disekitar. Apabila kita memahami kehidupan mereka dengan demikian dapat menyesuaikan diri dan menempatkan diri pada posisi yang baik dan tepat. Tetapi ada juga masanya dimana semuanya tidak seperti yang diharapkan yang menempatkan kita pada posisi yang sempit dan tertekan.

Akibat gangguan sosial dari orang yang suka iseng

Menghadapi pribadi pengganggu – Kita hidup didunia yang keras teman. Berbaur dengan orang-orang yang berbeda pola pikir dan sudut pandangnya. Mustahil kita bisa mengendalikan semua yang disekitar. Jikapun kita bisa mengendalikan semua orang, hal ini sama saja dengan sikap arogan yang ditaktor.

Kerap kali gangguan-gangguan kecil terjadi yang bisa saja membuat diri ini kesal sendiri. Parahnya lagi jika kita sedang dalam mood (perasaan) yang tidak enakan, pasti tambah galau hati ini dan semakin ribet masalahnya. Kadang kita bisa mengerti dan sabar menahan diri namun kadang juga kita malah terperosok dalam lubang lingkaran kebencian. Berikut ulasan selengkapnya seputar dampak buruk kehadiran orang-orang yang suka iseng.

  1. Kosentrasi dan fokus terganggu
  2. Hati menjadi gusar dan amarah berkobar-kobar
  3. Apabila amarahnya dipendam akan menurunkan kebencian bersama dendam
  4. Apabila amarahnya diluapkan akan menjadi bencana yang merugikan banyak orang juga diri sendiri.
  5. Akhirnya pekerjaan terbengkalai dan hidup menjadi kacau balau

Oleh karena itu, kita harus selalu berhati-hati menghadapi orang-orang seperti ini karena kesalahan mereka sebenarnya bisa ditoleransi akan tetapi kadang hati bergejolak karena tidak sigap dan terlalu terburu-buru menanggapi sehingga melakukan kesalahan yang lebih besar ketimbang salahnya mereka.

Manfaat pribadi jahil untuk perkembang kedewasaan

Mengatasi pribadi pengganggu – Jika kita menyelami situasi disekitar lebih mendalam, sesungguhnya gangguan-gangguan kecil mengajari banyak hal yang baik. Mulai dari pelajaran adaptasi, toleransi hingga kesabaran dimana pada akhirnya akan menguatkan hati secara keseluruhan. Oleh karena itu mari kita bahas manfaat selengkapnya.

1. Menyadarkan diri ini untuk kembali kepada Sang Pencipta

Disibukkan pada aktivitas sehari-hari membuat kita lupa diri bahkan kadang gemerlapnya dunia membuat kita mati rasa dan kehilangan jati diri. Sadarilah siapa dirimu teman, sadari dari mana kamu berasal dan siapa Penciptamu yang sesunggunya? Dengan demikian engkau dapat kembali kepada-Nya dan memohonkan perlindungan juga pertolongannya.

2. Memaksa kita untuk bersabar

Awalnya, bersabar memang tidak enak akan tetapi pada akhirnya kita mengerti ketika kesabaran ini berbuah manis. Sabar itu tidak terbatas. Yang membuat kesabaran kita terbatas adalah pengertian dan pengalaman. Orang yang mengerti dengan situasi akan membuat ia lebih sabar. Demikian juga orang yang sudah sering bersabar pasti lebih panjang sabar daripada orang yang tidak mempunyai pengalaman dimana kesabarannya diuji.

3. Mengajari kita untuk bercermin dan koreksi diri sendiri

Ketika ada tekanan dari luar, lebih baik kita cek and ricek dahulu, mengapa keadaan tersebut bisa terjadi? Mungkin ini karena kekhilafan atau ketelodoran diri sendiri!

4. Ada baiknya jika kita mengubah diri apabila telah melakukan kesalahan

Orang ternama, orang bijak bahkan tokoh agama sekalipun pasti sudah pernah melakukan kesalahan. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita selalu mengoreksi diri dan mengubah apa yang perlu diubah sedini mungkin. Sebab kesalahan sekecil apapun akan membuat kita candu dan terus ketergantungan untuk melakukannya lagi dan lagi. Jika bersalah, berhentilah sebelum kesalah itu menelanmu.

5. Mendorong kita untuk memahami orang lain.

Ketika sudah mengoreksi diri, kesalahan juga diperbaiki namun gangguan tidak kunjung berhenti. Keadaan ini memaksa kita untuk mencoba mengerti apa sebenarnya yang diinginkan oleh orang tersebut?

6. Meningkatkan kemampuan kita untuk menyesuaikan diri

Ini adalah kemampuan yang paling important dan sangat dibutuhkan didunia ini. Kemampuan beradaptasi sekeras apapun lingkungan sekitar tanpa kehilangan jati diri. Jika kita memiliki kemampuan ini, disudut Indonesia manapun kita berada pasti bisa diterima oleh lingkungan. Bahkan sekalipun kita hijrah ke seluruh dunia, kita tetap diterima dengan baik.

7. Membawa kita untuk lebih waspada

Menyadari akan adanya gangguan membuat hati lebih siap bahkan selalu siap untuk segala kemungkinan. Oleh karena itu kondisi ini mendorong diri ini untuk lebih berhati-hati dalam segala situasi agar tidak terperosok dalam lubang hitam dan jebakan batman lainnya.

8. Pada akhirnya kesemuanya ini membentuk kita menjadi lebih kuat hati

Ketika seorang tukang besi hendak membuat pedang yang berkualitas. Ia memilih batang besi yang belum berbentuk sama sekali. Kemudia mengolah, membakar dalam api dan mengetok-ngetoknya puluhan kali bahkan ratusan hingga akhirnya terbentuklah pedang yang siap digunakan dimedan pertempuran. Begitu jugalah manusia, tekanan membentuk dan mengubah kita menjadi lebih kuat. Kekuatan hati dasarnya kebenaran yang mendorong kita untuk lebih berani dari singa muda dipadang belantara.

9. Jadi kesimpulannya adalah gejolak sosial membuat hari-hari kita lebih bermakna

Masalah yang kita hadapi sehari-hari mendorong diri ini untuk lebih semangat lagi dalam bekerja dan senantiasa memperbaharui diri menjadi lebih baik. Ditambah lagi sensasi euforia ketika kita bisa menghadapi gangguan itu dengan sabar tanpa harus melakukan tindakan-tindakan yang negatif yang dapat merusak citra dimata masyarakat luas.

Cara menangani gangguan sosial

Mengantisipasi pribadi pengganggu – Hadapi gangguan sosial dalam kesabaran dan jangan biarkan hatimu dikotori karena semua ujian itu melainkan pandanglah kepada Penolongmu Yang Ajaib. Ia dengan segala kedahsyatannya siap menolongmu dengan sukarela. Berikut tips untuk mengatasi orang-orang yang suka mengganggu kesehariaan kita.

1. Fokus kepada Tuhan dalam segala situasi.

Selalu memusatkan perhatian kepada Tuhan. Jangan biarkan pikiran anda kosong melainkan tujukanlah hatimu pada Firman dan puji-pujian kepada kebesaran dan kemuliaan nama-Nya. Kebiasaan ini dapat menyegarkan pikiran anda dari segala sesuatu yang tidak baik (termasuk niat jahat untuk membenci, balas dendam dan marah-marah).

2. Kuatkan hati dan terima semuanya apa adanya

Anda harus lihai mengelola suasana hati sendiri. Jangan biarkan dirimu ditarik oleh rasa kesal yang berujung pada kebencian. Ujung-ujungnya anda menjadi pendendam lalu berencana ingin melawan bahkan hendak membalaskannya kelak. Alangkah lebih baik jika anda tidak fokus kepada gangguan sosial yang sedang terjadi. Melainkan katakanlah kepada diri sendiri, “saya pantas menerimanya, kuatkan hatiku ya Tuhan“.

Ketika mau menerima semua apa adanya maka hati lebih lega menghadapi semua yang terjadi. Rasa benci, dendam dan amarahpun dapat ditepis jauh-jauh.

3. Tetap tenang dan kedepankan toleransi dan pengertian dan sadarilah bahwa anda bukanlah manusia sempurna

Berusahalah untuk selalu berpikir positif bahwa gangguan yang terjadi tidak disengaja, gangguan melatih diri ini lebih sabar.

Beri ruang untuk mentolerir kesalahan kecil, jangan biarkan dirimu diseret oleh rasa kesal karena menuntut kesempurnaan dari orang lain. Sadarilah bahwa khilaf adalah manusiawi.

4. Jangan terlihat lemah 

Jika hati gusar, pastilah tindakan mereka lebih terasa menyakitkan. Kuatkan hati : masakan segitu aja sudah loyo.

Jika anda sudah mencapai level konsentrasi tingkat tinggi maka di dalam tekanan persoalanpun kebaikan hati anda tetap terpancar. Artinya di tengah peliknya gangguan sosial, jangan biarkan kebaikan anda meredup melainkan tetap pertahankan itu. Salah satu kebaikan yang paling sederhana adalah budaya ramah-tamah.

5. Alihkan konsentrasi dan lakukan kegiatan positif sembari mengabaikan gangguan

Kesibukan yang bermakna baik akan membuat gangguan yang kita hadapi tidak berbekas di hati. Tetap lakukan aktivitas/ pekerjaan anda seperti biasanya. Ada banyak hal yang dapat ditekuni untuk mengalihkan fokus berpikir sehingga menjadi lebih positif untuk menghindari sikap yang cenderung merugikan orang lain maupun diri sendiri.

6. Selalu berusaha memandang orang lain termasuk yang suka iseng itu secara positif

Sejahat apapun dia, toh manusia juga. Pasti masih ada hati nuraninya. Anggap saja mungkin dia lagi bad mood, lagi punya masalah, lagi khilaf,  atau hanya sekedar bercanda saja. Pandangan kita yang positif dan masuk akal terhadap orang lain membuat diri ini lebih sabar dan tidak nekat menghadapi jahilnya dia.

7. Jangan dengarkan kata-kata orang lain yang mencoba memperkeruh suasana

Kadang orang ketiga menyatakan kebenaran dihadapan anda tentang buruknya orang yang sering jahil itu, padahal dia punya tujuan sempit nan jahat ketika mengungkapkan hal tersebut.

8. Abaikan/ cuek saja dengan orangnya

Tidak perlu benci apalagi dendam karena hal ini hanya akan mengganggu bahkan menghambat aktivitas sehari-hari.

9. Maafkan mereka teman

Selagi bisa berbuat baiklah ke-orang-orang itu agar mereka berpapasan dengan pintu pertobatan (hidayah) sehingga mengubah mereka menjadi orang yang lebih baik.

Bentuk-bentuk gangguan sosiall yang kerap kali membuat kita ilfil

Pribadi pengganggu – Ada baiknya jika kita siap-siap menghadapi segala bentuk gangguan yang mungkin terjadi disekitar. Pengalaman mengalami gangguan yang sama membuat diri ini lebih siap jika gangguan itu terjadi lagi. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mengenali setiap gangguan itu agar tidak kewalahan jika suatu saat hal itu terjadi.

Gangguan sosial erat kaitannya dengan indra. Dua indra utama yang kita miliki ini menjadi sasaran empuk pribadi-pribadi pengganggu. yaitu :

  • Gangguan pendengaran : knalpot bising dan kebisingan, ejekan, sindiran, hinaan, fitnah, bully.
  • Gangguan penglihatan : Bertingkah aneh-aneh yang membuat mata kita sakit melihatnya.
  • Gangguan sentuhan : sentuhan-sentuhan kecil yang kadang membuat terkejut seketika.

Selama gangguan yang kita alami tidak menyebabkan kerugian materi dan fisik. Selama itu pula bisa bersabar menghadapi mereka. Jika sudah merugikan secara langsung dan nyata maka ada baiknya melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

Satu lagi yang utama adalah kita butuh Tuhan dalam diri ini. Belajar dari sejarah tertua ketika nenek moyang kita adam dan hawa melakukan kesalahan dengan melanggar aturan yang ditetapkan-NYA. Saat itu juga mereka ketakutan mendengarkan derap langkah kaki Yang Maha Kuasa. Jika Tuhan berdiam didalam diri ini maka pribadi-pribadi pengganggu itupun akan ketakutan untuk melakukan kesalahan yang sama sehingga mereka tidak semakin merajalela ngejahatin kita. Makanya belajar agama, “Bagaimana caranya agar Tuhan berdiam di dalam kita?”.

Sekian saja teman. Salam revolusi mental untuk Indonesia yang lebih baik!

Iklan

10 comments

  1. […] Banyak hal yang tidak penting yang merasuk dalam kehidupan kita lalu masuk kedalam otak. Sudah saatnya hal-hal seperti ini diabaikan agar otak belajar untuk berkonsentrasi pada yang baik-baik saja. Tanpa disadari pribadi-pribadi pengganggu yang ada disekitar mendorong kita pelan-pelan untuk lebih dewasa hari lepas hari. Baca juga, Cara mengatasi pribadi pengganggu di sekitar kita […]

    Suka

  2. Bagaimana solusinya menghadapi saudara yg selalu berusaha merayu kita untuk join di bisnisnya dg berbagai​ upaya? Sampai datang ke rmh lbh dr 3x sehari, telpon 10x sehari. Padahal kita tahu kompetensi nya, dan latar belakangnya yg suka menipu, berbuat curang dan bahkan sering menggelapkan uang orang?
    Terimakasih

    Suka

    • Waw….
      Benar-benar sebuah situasi yang super mengganggu ya teman….
      Pilihan dari kami adalah sebagai berikut.
      a) Dibawa santai aja teman, terima dia apa adanya. Terkadang cara kita menyambut seseorang sudah cukup untuk membayar semua usahanya, terserah kita berterima dengan produknya atau tidak.

      b) Bicara jujur saja teman. Sampaikan kepadanya perasaan dan penilaian anda selama ini.

      c) BTW, dia gigih juga ya…. Perhatikan baik-baik apakah ia masih seperti yang dulu atau sudah berubah.

      d) Setelah melakukan penilaian dan asesment (menguji integritas dan kepribadian) sehingga mendapatkan data yang menurut anda cukup valid maka ambillah keputusan yang tegas lalu nyatakan hal tersebut kepadanya.

      Sepertinya itu saja, semoga membantu….
      Salam….

      Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s