17 Manfaat Nyeruput Jeruk Nipis di Pagi Hari – Dahsyatnya Masker Jeruk Nipis, Baking soda & Garam

Manfaat minum perasan jeruk di pagi hari

Jeruk nipis – Pagi-pagi baru bangun kita dari tempat tidur. kita rasa berat beranjak dari kasur empuk. Hari yang luar biasa tidak baik kita awali dengan perasaan yang kurang menyenangkan. Pagi-pagi biar kita lebih segar mandi dulu. Agar kesegarannya nambah plus-plus, nyeruput jeruk nipis sambil sarapan untuk “recharge my energy“.


Manfaat Jeruk Nipis

Tahukah kaka bahwa limau nipis adalah buah ajaib, bahan yang selalu ditambahkan dalam setiap jamu tradisional? Sifat antibakterinya dimanfaatkan sebagai pengawet alami ditambah lagi kaya akan vitamin dan mineral. Oleh karena itu, limau nipis baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Kita sudah masuk musim pancaroba kaka, dimana iklim tidak menentu dan banyak kuman yang berkembang di sekitar sini. Bila daya tahan tubuh lemah maka mikroorganisme yang lebih kuat akan menekan kesehatan anda. Oleh karena itu, nyeruput limau nipis di awal hari adalah salah satu pilihan terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh agar lebih siap dan tetap fit ditengah tekanan cuaca ekstrim. Tanpa kaka sadari nyeruput jeruk nipis dipagi hari ternyata manfaatnya luas sekali he…. Berikut penjelasannya kaka :

1. Kesehatan Mulut, gigi dan gusi

Jeruk nipis adalah agent anti bakteri kuat yang dapat melawan dan membunuh bakteri E. coli, Cholera dan masih banyak lagi. Asam pahit dalam limau nipis melisiskan bakteri yang terdapat di rongga mulut, gusi dan gigi sehingga anda terbebas dari bau mulut, gusi berdarah dan sakit gigi.

Selama ini hanya mengenal rempah dari herbal alami yakni jahe dan bawang putih yang dapat mengobati sakit gigi dan gusi berdarah. Ternyata antioksidan tinggi yang kaya vitamin dalam jeruk nipis juga mampu membersihkan gigi dari kuman-kuman dan meredakan rasa sakit dengan segera. Tidak perlu jauh-jauh untuk membeli listerin karena perasan buah yang satu ini adalah listerin alami.

2. Kesehatan jantung

Menyehatkan darah dengan kandungan potasium dan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat proses artherosklerosis pada dinding pembuluh darah.

3. Kesehatan paru-paru

Sebagai salah satu obat batuk tradisional, jeruk nipis adalah pilihan yang tidak di ragukan lagi. Kemampuannya dalam membunuh bakteri yang menyebabkan batuk telah diaplikasikan kedalam banyak obat batuk farmasi. Penggunaannya dari generasi ke generasi membuat jeruk nipis menjadi salah satu komponen penting dalam pembuatan jamu dan obat tradisional.

Selain menyehatkan paru-paru, jeruk nipis juga turut membersihkan dan mensterilkan tenggorokan dari kuman penyakit dan merawat pita suara sehingga suara lebih halus dan merdu.

4. Kesehatan ginjal

Ginjal yang sehat membuat hidup lebih baik. Penyakt yang dikarenakan oleh kelainan ginjal misalnya sakit pinggang dan batu ginjal dapat dicegah dan diobati dengan nyeruput jeruk dipagi hari.

5. Kesehatan sendi

Kemampuan dan manfaat jeruk nipis untuk memperlancar darah tidak diragukan lagi sehingga radang sendipun lewat.

6. Kesehatan mata

Mata sering berair dan mengalami iritasi karena terpapar debu? Alangkah baiknya kaka membiasakan diri konsumsi limau nipis setiap hari. Apalagi jika mata meriang, panas dan rasanya mau terbakar karena kelamaan menatap Layar monitor atau karena kebiasaan begadang : segera konsumsi perasan jeruk nipis yang ditambahkan kedalam air putih.

baca juga, Cara begadang tetap sehat

7. Kesehatan kulit

Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam limau nipis berperan banyak untuk mencegah penuaan dini pada kulit lalu membuatnya lebih cerah.

Bagian-bagian tubuh yang kusam gosokkan limau nipis yang telah di potong simetris. Lakukan ini rutin setiap sore hari (waktu mandi setelah pulang kerja) agar kotoran dan sisa kulit mati juga sisa kosmetik (bedak dan handbody) dalam pori dinetralkan lalu terangkat sehingga kulit kelihatan lebih cerah dari sebelumnya.

8. Kesehatan pencernaan

Mengandung serat yang baik untuk pencernaan yang mencegah wasir dan ambayen. Kemampuan antibakteri jeruk nipis juga tidak perlu diragukan lagi dalam melawan bakteri-bakteri berbahaya dalam sistem pencernaan.

Menghilangkan Kebiasaan buang angin- Ini adalah kebiasaan yang tidak menyenangkan karena ada bakteri jahat dalam usus yang berkembang dan menghasilkan gas. Oleh karena itu, kandungan asam dalam limau di butuhkan untuk melawan dan melisiskan bakteri tersebut sehingga kentut-pun lewat.

9. Bagus untuk program diet

Buah limau yang rendah kolesterol dan mengandung asam yang dapat membakar lemak lebih progresif dalam mendukung program diet penurunan berat badan yang sadang anda jalani.

Stress makanan sering kita alami dimana ketika bosan dan penat datang beberapa orang pelariannya kemakanan. Situasi ini jelas membuat badan tambah melebar kesamping. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda meminum beberapa buah (2 sampai 3) perasan limau nipis.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jika herbal ajaib meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengefektifkan kinerja darah maka jeruk nipis mampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan antioksidan yang dikandungnya.

Selengkapnya, Manfaat herbal alami

11. Anti kanker

Kandungan bioflavanoid dalam jeruk nipis berperan sebagai antioksidan kuat untuk melawan sel-sel kanker.


Manfaat jeruk nipis yang tidak kalah pentingnya

12. Mencegah dan mengobati mabuk dan alergi

Jika anda tipe orang yang suka mabuk dalam perjalanan jauh atau dekat, baik itu dengan naik motor maupun mobil/ bus, alangkah baiknya jika anda mulai menambahkan jeruk nipis dalam menu sehari-hari dan selalu konsumsi perasan limau nipis atau jus jeruk biasa diperjalanan. Kandungan dalam limau dapat mempertahankan keseimbangan asam basa dan mencegah mabuk mendadak.

Bagi yang sedang alergi : konsumsilah air perasan jeruk nipis sebanyak 2 sampai 3 buah bersama dengan air putih. Jeruk nipis yang kaya akan antioksidan akan menetralkan/ detoksifikasi racun dalam tubuh. Peran limau nipis disina sama halnya dengan kelapa muda sebagai agen untuk menetralkan toksik bagi penderita alergi.

13. Mengobati amandel

Satu buah jeruk nipis, diperas, diambil airnya kemudian ditambah dengan satu bagian kunyit yang telah diulek menjadi ramuan tradisional untuk mengobati amandel.

14. Menghilangkan bau badan

Aromanya yang khas membuat jeruk sangat baik untuk menetralkan bau badan yang tidak sedap. Ini dikarenakan oleh kemampuan antioksidan yang tinggi sehingga dalam setiap keringat yang keluar terdapat semacam antibakteri yang menghambat kuman dipermukaan tubuh/ pakaian untuk memfermentasi zat organik yang terkandung didalamnya. Sebab fermentasi keringat oleh bakteri dapat menghasilkan gas yang menimbulkan bau badan yang lebih menyengat dari biasanya.

15 Mencerahkan kulit

Bagi anda yang ingin kulitnya lebih cerah, jeruk nipis adalah salah satu alternatif terbaik. Caranya : sediakan jeruk yang telah diperas dan diambil isinya lalu oleskan kulit bagian dalamnya ke area permukaan kulit yang ingin di cerahkan. Lakukan ini setiap sore/ malam hari saat tidak melakukan kontak langsung dengan sinar matahari.

16. Jeruk nipis dapat mengusir serangga pengganggu

Bagi anda yang punya usaha kuliner, silahkan ikutkan perasan limau nipis kedalam sabun cuci perlengkapan usaha anda sebab aromanya dapat menolak kehadiran serangga. Demikian halnya juga dengan steling tempat anda jualan. Ikutkan air perasan buah ini dalam sabun cuci yang anda gunakan untuk membersihkan steling.

Selengkapnya, bagaimana mengusir dan menghilangkan serangga lalat dari warung

17. Mengurangi jerawat, komedo, jaringan parut dan melangsingkan pori-pori kulit.

Cara membuat masker dari air perasan jeruk & baking soda

Jeruk nipis dengan segala kedahsyatan manfaatnya sayang jika tidak dapat digunakan karena kulit terasa perih ketika menggunakannya. Rasa perih ini disebabkan oleh karena kandungan asam pada jeruk. Sedang kulit yang berjerawatlah yang terasa perih saat terkena asam jeruk nipis. Oleh karena itu disini kita menambahkan baking soda untuk mengurangi kadar asamnya sehingga kulit tidak perih lagi terkena ramuan ini. Berikut cara membuatnya:

  • Sediakan jeruk nipis, bersihkan, potong menjadi beberapa bagian lalu peras dan ambil airnya.
  • Buat pasta baking soda dan air jeruk dengan komposisi 3 : 1
  • Tiga sendok makan baking soda larutkan dengan satu sendok makan air perasan limau nipis.
  • Aduk sampai rata hingga membentuk tekstur seperti pasta.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun lalu bilas dengan air dan keringkan.

Colek pasta sedikit, lalu oleskan ke wajah. Tunggu 5 detik, jika wajah terasa perih dan panas, itu artinya kulit wajah anda sensitif dengan ramuan ini dan sebaiknya berhenti.

  • Oleskan pasta ini dengan gerakan memutar di seluruh permukaan wajah, jangan sampai ada yang tidak tertutupi karena bagian ini dapat berbelang nantinya.
  • Diamkan selama 20 – 30 menit, setelah itu cuci bersih dengan air mengalir.

Jika sebelum 30 menit wajah anda terasa perih dan terbakar, batalkan penggunaan masker ini lagi dan segera bilas lalu bersihkan wajah dengan air mengalir.

Cara membuat masker dari kulit jeruk & baking soda

Komposisi Stok :

  • Sediakan dua sampai tiga buah limau nipis yang sudah tua kemudian cuci bersih sebelum dimanfaatkan.
  • Potong simetris menjadi beberapa bagian.
  • Peras airnya (air perasannya bisa diminum bersama air hangat atau bisa juga ditambahkan dalam masakan)
  • Parut kulit dan bulirnya, boleh sacara manual bisa juga dengan mesin (blender).
  • Simpan parutan kulit limau ini sebagai stok dikulkas (4 – 8 *C) dan dapat digunakan terus menerus selama seminggu kedepan.
  • Jika penyimpanan dilakukan pada suhu kamar (kurang lebih 24 *C), maka parutan kulit limau tersebut dapat bertahan selama tiga hari kedepan.

Komposisi masker kulit jeruk nipis & baking soda:

  • Buat pasta dengan Komposisi 2 : 1 : 1  atau  1 : 2 : 1
  • Dimana dua sendok makan parutan kulit limau ditambah satu sendok makan baking soda larutkan dengan satu sendok makan air.
  • Aduk sampai rata hingga membentuk tekstur seperti pasta.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun lalu bilas dengan air dan keringkan.

Colek pasta sedikit, lalu oleskan ke wajah. Tunggu 5 menit, jika wajah terasa perih dan panas, itu artinya kulit wajah anda sensitif dengan ramuan ini dan sebaiknya berhenti.

  • Oleskan pasta ini dengan gerakan memutar di seluruh permukaan wajah, jangan sampai ada yang tidak tertutupi karena bagian ini dapat berbelang nantinya.
  • Diamkan selama 20 – 30 menit, setelah itu cuci bersih dengan air mengalir.

Jika sebelum 30 menit wajah anda terasa perih dan terbakar, batalkan penggunaan masker ini lagi dan segera bilas lalu bersihkan wajah dengan air mengalir.

Cara membuat masker jeruk nipis plus garam.

Bagi anda yang masih sensitif dengan penggunaan baking soda dimana setelah menggunakannya timbul iritasi. Maka gunakanlah garam untuk menetralkan pH asam jeruk nipis. Garam adalah larutan buffer tertua di dunia. Kemampuannya untuk menetralkan bebagai jenis pH digunakan disegala bidang kehidupan. Berikut cara menggunakan kedua bahan alami ini.

  • Sediakan jeruk nipis, bersihkan, potong menjadi beberapa bagian lalu peras dan ambil airnya, letakkan dalam gelas.
  • Tambahkan air sampai 1/2 gelas lalu aduk hingga rata.
  • Buat larutan buffer garam dengan menambahkan 1/2 sendok teh garam dapur. Gunakan garam laut yang bentuknya kasar, tidak berpengawet, tidak berperisa, tidak berwarna.
  • Aduk larutan tersebut hingga rata.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun lalu bilas dengan air dan keringkan.

Setelah kering, coleklah larutan tersebut lalu oleskan ke wajah anda. Tunggu selama 5 menit. Jika wajah terasa perih dan panas seperti terbakar maka silahkan encerkan kembali larutan garam jeruk nipis tersebut.

Dengan menambahkan air putih yang telah matang ke dalam gelas sampai agak penuh. Lalu tambahkan juga garamnya sebanyak 1/2 sendok teh lagi. Kemudian aduk hingga rata.

  • Silahkan basuh seluruh area wajah anda dengan larutan tersebut.
  • Biarkan selama 5 – 15 menit saja.
  • Bersihkan kembali dengan air mengalir.

Jika sebelum 15 menit wajah anda terasa perih dan terbakar, batalkan penggunaan masker ini lagi dan segera bilas lalu bersihkan wajah dengan air mengalir.

Pahami juga, Dampak negatif garam bagi kesehatan manusia

Catatan :

  • Penggunaan masker ini hanya boleh dilakukan pada sore atau malam hari saja agar wajah tidak terpapar sinar matahari pasca penggunaannya.
  • Hal ini diantisipasi karena ramuan ini membersihkan minyak diwajah sampai ke pori padahal minyak di wajah adalah tabir surya untuk menangkal sinar UV.
  • Penggunaan pada pagi atau siang hari boleh dilakukan asal tidak keluar rumah atau keluar rumah dengan menggunakan tabir surya komersial.
  • Maksimal penggunaan 1-2 kali seminggu. Jangan terlalu sering digunakan. Biarkan kulit alami anda menyesuaikan diri dengan lingkungan.
  • Resiko iritasi kulit selalu ada. Kurangi pemakaian bahkan hentikan sama sekali jika hal itu terjadi.
  • Selalu ingat bahwa perawatan kulit tidak hanya dilakukan dari luar melainkan juga dari dalam lewat makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah adalah pilihan yang tepat untuk kesehatan luar dalam.

Manfaat masker parutan kulit/ perasan jeruk nipis dan baking soda :

  • Mencerahkan kulit wajah yang kusam.
  • Memutihkan dan menghaluskan kulit wajah yang kasar
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Mengurangi dan menghilangkan jerawat juga komedo
  • Menyamarkan noda dan flek hitam
  • Menyamarkan dan menghilangkan tanda penuaan dini
  • Mengencangkan kulit wajah
  • Menetralkan racun dan mengangkat sisa kosmetik dari pori-pori

Cara paling mudah dan praktis memperoleh khasiat jeruk nipis

  • Bersihkan jeruk nipisnya dengan air mengalir, belah dua dan peras airnya lalu campurkan keminuman, konsumsi 30 menit setelah makan. Hindari mengkonsumsi sari buah ini bersama makanan sebab asamnya dapat meningkatkan keasaman lambuang. Konsumsi perasannya saat asam lambung telah reda setelah makan, yakni 30 menit
  • Bersihkan jeruk nipis dibawah air mengalir, potong simetris dan peras airnya pada bagian akhir proses memasak, kulitnya masukkan juga kedalam masakan.

Penambahan ini akan membuat masakan/ minuman lebih wangi dan lebih nikmat.


Bahaya Kandungan Jeruk Nipis

  • Bagi yang baru pertama minum perasan ini akan menyebabkan batuk ringan. Ini bagus untuk anda agar pita suara lebih terbuka dan juga kedengaran lebih seksi. Tidak salah bila anda memilih jeruk nipis untuk membuat suara merdu.
  • Minum perasan jeruk nipis kadar tinggi (hanya dicampur dengan sedikit air putih) dapat membuat kerongkongan terasa perih. Ini dikarenakan oleh perubahan pH di kerongkongan yang akan segera sembuh sendiri (reda) dalam 15 – 30 menit. Apabila anda sudah terbiasa, hal ini tidak akan terjadi lagi.
  • Bagi penderita asam lambung berlebih, alangkah baiknya jika jeruk nipis dikonsumsi 30 – 60 menit sesudah makan.
  • Penderita maag kronik sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi jeruk nipis.
  • Bagi penderita gangguan lambung alangkah baiknya jika perasan jeruk nipis bersama dengan air panas/ hangat untuk mengurangi sifat asamnya.

Demikian saja. Terimakasih

Iklan

25 comments

  1. […] Jeruk nipis adalah tanaman perdu yang lazim ditemukan diseluruh wilayah Indonesia. Buah jeruk memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, Kandungan yang terdapat dalam 100 gram jeruk nipis yaitu, mempunyai kandungankalori 51 kal, lemak 0,2 g, protein 0,9 g, mineral 0,5 g, karbohidrat 11,4 g, asam askorbat 49 mg, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg. […]

    Suka

  2. […] Jeruk nipis adalah tanaman perdu yang lazim ditemukan diseluruh wilayah Indonesia. Buah jeruk memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, Kandungan yang terdapat dalam 100 gram jeruk nipis yaitu, mempunyai kandungankalori 51 kal, lemak 0,2 g, protein 0,9 g, mineral 0,5 g, karbohidrat 11,4 g, asam askorbat 49 mg, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg. […]

    Suka

  3. […] Jeruk nipis adalah tanaman perdu yang lazim ditemukan diseluruh wilayah Indonesia. Buah jeruk memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, Kandungan yang terdapat dalam 100 gram jeruk nipis yaitu, mempunyai kandungankalori 51 kal, lemak 0,2 g, protein 0,9 g, mineral 0,5 g, karbohidrat 11,4 g, asam askorbat 49 mg, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg. […]

    Suka

  4. […] Lagi Rame iklan Televisi : minyak membuat wajah kusam. Ini informasi yang lebay teman. Wajah kusam itu bukan karena minyak akan tetapi karena paparan langsung dengan sinar matahari. Atasi dengan masker jeruk nipis (apa itu? klik) […]

    Suka

  5. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Manfaat Masker Jeruk Nipis berikut artikel yang terkait tersebut di http://www.temakita.com/khasiat-masker-jeruk-nipis-untuk-wajah/

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya, kita saling membantu saja…kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    Suka

  6. […] Mengkonsumsi buah setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu (tiap hari justru lebih baik). Salah satu yang terbaik adalah jeruk nipis. Selengkapnya Khasiat dahsyat jeruk nipis yang murah dan mudah didapatkan disekitar anda. […]

    Suka

  7. […] Manusia mengalami kontak dengan jutaan bahkan miliaran antigen seumur hidupnya. Inilah yang membuat mutasi bisa terjadi kapan saja dan dimanapun anda berada. Jangan khawatir sel-sel ini seluruhnya dapat dikendalikan oleh mekanisme daya tahan tubuh sendiri yang sudah ada secara default dalam tubuh setiap orang. Untuk memperkuat kinerja sel darah putih pada umumnya kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi misalnya herbal ajaib bawang putih, bawang merah, jahe dan jeruk nipis. Sehingga  Inilah yang membuat imunitas mendominasi, mengendalikan dan menghancurkan seluruh kekuatan jahat kuman penyakit yang berasal dari luar juga menekan sel sendiri yang berubah menjadi jahat (sel kanker). Tidak lupa menganjurkan anda untuk lebih banyak minum air putih > 2 Liter per hari. Baca juga, Khasiat jeruk nipis luar biasa […]

    Suka

  8. […] Mari kita bahas bersama teman. Untuk diketahui bahwa manfaat garam hampir sama dengan manfaat jeruk nipis yakni mampu melawan kuman penyakit dengan cara menghambat dan membunuhnya (melisiskannya). Peran penting ini membuat keduanya digunakan sebagai bahan tambahan makanan yang berfungsi untuk mengawetkan. Bahkan kebanyakan produksi jamu tradisional / obat tradisional memanfaatkan bahan ini. Baca juga, Kegunaan jeruk nipis untuk kesehatan […]

    Suka

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s