Kerugian Menggunakan CloudFlare

Keuntungan dan kerugian menggunakan cloudflare

Kerugian – Pada awal membuat website, saya terus mencari tau bagaimana cara mengoptimasi website agar lebih SEO Friendly. Pencarian saya sampai pada istilah Sertifikat SSL jauh lebih SEO Friendly. Menemukan istilah ini, membuat saya semakin semangat surfing di google dan mencari tau Apa itu sertifikat SSL. Berdasarkan pengertiannya sertifikat SSL adalah protokol keamanan yang digunakan oleh jaringan website. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, juga dikenal dengan istilah Transport Secure Layer (TLS).

Manfaat layanan gratis Cloudflare

Disini kita tidak membahas lebih dalam tentang manfaat dan peran SSL lebih dalam tapi perhatian kita tertuju pada Layanan SSL gratis dari CloudFlare. Layanan ini memang luar biasa fitur-fitur yang ditawarkannya dahsyat dan menggiurkan, berikut beberapa fitur yang saya mengerti :

  • CDN ini adalah andalah CloudFlare, katanya dengan fitur ini website kita lebih cepat loading tampilannya dengan bandwith yang diperkaya (berlipat ganda dari batasan bandwith yang disediakan oleh host)
  • Lebih hemat dalam menampilkan css, javascript dan HTML.
  • Gratis Sertifikat SSL dari COMODO CA Limited
  • Loading website lebih cepat
  • Url berubah dari http ke https

Kerugian menggunakan SSL gratis Cloudflare

Manfaat yang di tawarkan mereka emang banyak bahkan luar biasa. Coba bayangkan kalau semua manfaat itu dibeli dengan uang, pasti harganya mencapai ratusan ribu bahkan jutaan. Tapi disini, mari kita mulai belajar menganalisis apakah manfaat ini benar-benar nyata atau tawaran bos marketing agar kita terpaut dengan produk mereka. Mari kita bahas:

  • Bahaya pertama adalah visitor anda berkurang. Mengapa? karena kebanyakan browser tidak kompatible dengan jaringan CloudFlare sehingga situs anda error ketika diakses dengan browser mobile (terutama). Anda akan kehilangan visitor sebayak 60% karena sebagian besar pengguna internet masih menggunakan sistim operasi dan browser keluaran lama (no update).
  • Keburukan kedua adalah jaringan CloudFlare terlalu canggih sehingga browser biasa seperti mozila, safari, chrome dan opera tidak dapat menanpilkan seluruh CSS dan javascript website bahkan sering sekali (untuk browser buatan cina utamanya) kacau balau. Satu-satunya browser yang sangat suport dengan jaringan CloudFlare hanyalah Internet Ekplorer.
  • Kerugian ketiga adalah beberapa webshost tidak kompatible dengan jaringan CloudFlare sehingga sering terjadi Error 502 dan Error 503 ketika mengakses wp-admin

Pertimbangan-pertimbangan untuk segera meninggalkan layanan TSL CloudFlare gratisan

  • Mengapa CloudFlare gratis ini sangat tidak recomended untuk digunakan? Coba bayangkan juga mengapa website yang menyajikan tutorial kehebatan penggunaan CloudFlare tidak ikut menggunakan CloudFlare itu sendiri. Kenyataan situs merekapun masih http bukan https.
  • Untuk apa juga kita menggunakan SSL dari CloudFlare padahal isi blog kita cuma tulisan-tulisan sederhana. Dimana dalam hal ini SSL di butuhkan untuk keamanan jaringan yang sering melakukan transaksi rekening bank dan kartu kredit.
  • Dari nama sertifikat SSL-nya saja – COMODO CA Limited – kita sudah bahwa penggunaan sertifikat ini terbatas artinya visitor kitapun tidak nyaman mengunjungi blog dengan sertifikat ini.
  • Semua orang juga sudah tahu kalau COMODO CA limited itu gratis : Bangga apanya menggunakan yang gratisan!

Oleh karena itu urungkan niat untuk menggunakan sertifikat TSL CloudFlare yang gratisan karena ini hanya akan mengganggu perkembangan blog dan bahaya jangka panjangnya pengunjung tidak pernah bisa masuk setelah mengklik ke situs kita akhirnya peringkat di search engine google jatuh kebawah beberapa tingkat bahkan kadang masuk page berikutnya. Satu-satunya layanan CloudFlare yang bagus adalah CDN dimana kecepatan loading website yang singkat dan bandwith diperkaya.

Sedikit tambahan, Tips & trik bijak menggunakan internet dan media sosial

Demikian saja ulasan dari saya. Terimakasih

Iklan

Mohon Kritik & Saran, ini hanya blog pribadi tanpa editor: Anda mengoreksi tulisan ini artinya lebih cerdas dari kami, Selamat!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s